Admin1

Syarat Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pilar Ekonomi Ummat

Syarat Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pilar Ekonomi Ummat
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

MTW NEWS – Syarat Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pilar Ekonomi1975 Muktamar Risalatul Masjid di gelar di Makkah, yang pada saat itu dirumuskan tentang acuan dan dikumpulkan dalam satu risalah tentang proyeksi penyelengaraan sebuah masjid yang akan menjadi serta membawa poros kemakmuran bagi ummat. Bukan sekedar risalah, namun para ulama serta ahli yang hadir dan terlibat pada saat itu mencanangkan tentang bagaimana sebuah masjid bukan hanya sekedar menjadi tempat ibadah formal namun juga benar-benar menjadi satu tempat yang mengejawantahkan aspek tekstualitas Al Quran yang memakmurkan dan dimakmurkan Masjid. Dengan demikian, sebuah Masjid benar-benar mampu meberikan daya dukung bagi terwujudnya pemberdayaan masyarakat madani yang bernafaskan Islam.

Saat ini, memang sudah banyak ditemukan masjid yang mengacu pada hasil Muktamar Risalatul Masjid yang di gelar di Makkah pada 1975 tersebut. Perkembangan Masjid dari segi fungsional telah menunjukan taraf yang signifikan jika diukur dari sudut pandang Masjid sebagai pilar perekonomian yang dimakmurkan dan memakmurkan Ummat. Salah satu yang paling nyata adalah pengembangan masjid sebagai sentral ekonomi yang mendukung perekonomian Ummat yang dimotori oleh Ustadz Valentino Dinsi.

Memadai Disegala Aspek, Masjid Yang Baik Tak Sekedar Bangunan

Berbasis pada Risalah yang dirumuruskan pada 1975 tersebut, ada beberapa syarat utama dimana masjid akan bisa menjadi pilar ekonomi masyarakat madani yang islami, diantaranya adalah;

1. Aspek Sarana dan Prasarana

Dari segi fisik, sebuah Masjid tak harus mewah lagi megah. Sebagaimana tercermin dalam Risalah tersebut, ada beberapa hal dari segi sarana pendukung seperti misalnya, ruang untuk shalat, sebagai fungsional utama masjid untuk beribadah yang mendukung syarat-syarat kesehatan. Ruang khusus wanita untuk keluar masuk tanpa perlu bercampur dengan pria dan bila dimungkinkan mendukung kegiatan pembinaan keahlian wanita seperti misal PKK. Dan yang tak kalah pentingnya tentu dukungan sarana-dan prasarana yang memungkinkan untuk mendukung kegiatan pendidikan maupun pengajaran keagamaan dan bahkan koneksi internet.

2. Aspek Kegiatan

Di jaman Rasulullah, Masjid punya banyak aspek fungsional, bahkan untuk tempat melaksanakan rumusan strategi peperangan hingga persidangan. Hal ini mencerminkan sebuah Masjid yang makmur dan mampu menjadi pilar ekonomi masyarakat madani yang Islami, adalah masjid yang memberikan daya dukung dari segi pengembangan kegiatan Ummat untuk berkembang sebagai Insan Islami yang mandiri dan berdikari dari segi ekonomi.
Faktor kunci yang menjadikan sebuah Masjid Ideal dalam mendukung kepentingan-kepentingan Ummat termasuk perkembangan ekonomi tentu tak bisa terlepas dari peran serta dan keaktifan seluruh pihak yang terkait, termasuk Jamaah masjid tersebut termasuk penyelengara masjid. Degan demikian meski kenyamanan tetap jadi yang utama namun segi konten atau kegiatan bagi Jamaah tetap harus diperhatikan juga.

 

Silahkan SHARE bila dirasa ini bermanfaat. Dukung dan sebarkan kebaikan ini ke semua saudara-saudara dan sahabat Anda, ajaklah mereka berpartisipasi dalam kebaikan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa mengajak kepada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala-pahala mereka. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia akan mendapat dosa seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun dosa-dosa mereka.” (H.R. Muslim)

GRATIS 10 Juta ++ Alamat Email Indonesia, 100 Juta ++ Alamat Email Internasional, 6.000 Lebih Alamat Milist, Data Base 230.537 Perusahaan Indonesia, 27.875 Perusahaan Luar Negeri, Database Situs Iklan Gratis, Database Forum, Software Pengirim Email Massal. Baca terus informasinya dibawah.

Daftar menjadi anggota MTW (Majelis Ta’lim Wirausaha) dan dapatkan 8 manfaat yang akan menjadikan Anda PENGUSAHA serta meningkatkan omset bisnis Anda !

daftar_sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *