Admin1

Simak Nih 4 Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom

Simak Nih 4 Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

Financial freedom adalah saat seseorang bebas secara keuangan. Ini artinya berarti kita bebas melakukan apa saja yang disukai dalam konteks keuangan. Bekerja jadi hanya sebuah hal yang dilakukan karena passion, karena kebutuhan dasar sudah terpenuhi.

Secara teknis financial freedom adalah keadaan di mana pendapatan pasif dan pendapatan investasi dapat menutupi pengeluaran. Jika ingin lebih aman lagi, pendapatan pasif dan pendapatan investasi harus sama dengan dua kali lipat pengeluaran.

Itulah kenapa kita perlu strategi yang tepat untuk menghasilkan angka tersebut dengan penghasilan pasif dan investasi. Simak nih langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun strategi investasi yang efektif.

1. Tentukan tujuan keuangan

Langkah awal dalam berinvestasi adalah menentukan tujuan keuangan. Setelah itu baru deh rancang investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Ibaratnya jika ingin pergi ke suatu tempat, kita harus mengetahui dulu tujuannya.

strategi investasi yang efektif
Sebelum mutusin mau investasi apa, pahami dulu tujuannya. Apapun harus ada tujuan agar terarah (ilustrasi investasi/Kompas)

 

Setelah itu baru tentukan kendaraan apa yang sesuai untuk sampai pada tujuan tersebut. Pastikan kita tahu apa yang ingin dicapai, tentukan target untuk masing-masing tujuan keuangan. Dalam hal ini tujuan kita adalah mendapatkan kebebasan keuangan.

Tapi, setiap orang memiliki angka yang berbeda untuk mendeklarasikan kebebasan keuangannya. Jadi kita perlu mengetahui berapa uang yang harus dimiliki untuk mencapai tahap financial freedom.

2. Buat portofolio investasi

Portofolio investasi adalah gabungan dari beberapa investasi dengan porsi tertentu. Membangun portofolio investasi merupakan langkah krusial dalam berinvestasi. Supaya apa? Meminimalisir resiko investasi dan mendapat untung besar.

strategi investasi yang efektif
Setiap investasi pasti ada resikonya, pahami dengan baik sebelum memulai (Analisa investasi/Patrarijaya)

 

Jika salah membuat portofolio investasi, risiko bisa jadi terlalu tinggi. Ketika menghadapi pasar dalam kondisi yang kurang menguntungkan, investasi juga bisa hancur.

Disinilah kunci efektivitas sebuah investasi. Strategi terpenting dalam membangun investasi yang efektif terletak pada pembuatan portofolio investasi yang baik. Cashflow dan capital gain harus dipertimbangkan.

Capital gain digunakan untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Tetapi jika baru mulai berinvestasi, sebaiknya fokus untuk mendapatkan pendapatan cashflowterlebih dahulu. Setelah memiliki pendapatan cashflow yang cukup barulah mulai fokus pada capital gain.

Hasil dari capital gain nantinya dapat digunakan untuk membeli aset yang akan menghasilkan pendapatan pasif. Dengan begitu akan semakin mudah untuk mencapai financial freedom.

Jika belum pernah memiliki pengalaman dalam membuat portofolio investasi, sebaiknya berkonsultasi dengan perencana keuangan. Pastikan kita berkonsultasi dengan perencana keuangan yang kompeten agar portofolio yang dibuat efektif.

3. Implementasi investasi

Setelah yakin dengan portofolio investasi yang dibuat, segera lakukan langkah implementasi. Jangan pernah menunda untuk berinvestasi, karena kita bisa kehilangan kesempatan yang besar.

strategi investasi yang efektif
Waktu terus berjalan, kalau udah paham dengan produk investasinya ya jangan nunda-nunda. Nanti kemakmuranmu bisa tertunda (jam dinding/Pixabay)

 

Patuhi portofolio investasi yang sudah dibuat. Jika ingin menambah modal investasi pada salah satu produk investasi, tambahkan modal pada produk lain juga sesuai porsinya. Dengan begitu proporsi setiap instrumen investasi dalam portofolio kita gak akan berubah. Jangan terus mengubah-ubah portofolio investasi karena nantinya hasil investasi bisa gak maksimal.

Kadang seorang investor terpengaruh dengan kabar terbaru atau isu-isu tertentu mengenai investasi. Akibatnya investor merasa harus mengubah-ubah portofolio investasinya sesuai isu tersebut tanpa mempertimbangkan risiko yang akan timbul. Padahal isu-isu mengenai dunia investasi gak selalu benar.

4. Review berkala

Implementasi investasi bukanlah langkah ‘sekali jadi’. Dalam prosesnya banyak pembelajaran yang akan kita dapatkan, apalagi jika kita adalah pemula dalam dunia investasi. Karena itu review berkala sangat penting dilakukan.

strategi investasi yang efektif
Jangan malas untuk lakukan review, lakukan secara rutin (membaca dengan kaca pembesar/50 and Beyond)

 

Kaji segala hal tentang investasi mulai dari portofolio, praktek investasi, hingga hasil investasi. Pastikan semuanya berjalan sesuai rencana, jika ada hal yang kurang efektif buat rencana baru. Ingat, jangan gegabah dalam membuat perubahan, kaji ulang rencana baru tersebut sampai kita yakin bahwa perubahan adalah keputusan yang tepat.

Dengan review berkala kita bisa menemukan kesalahan-kesalahan atau hal yang bisa dikembangkan lebih baik lagi dalam investasi.

Investasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai financial freedom. Ada banyak strategi investasi yang dapat digunakan, tetapi strategi terbaik adalah hasil dari proses yang panjang.

Investasi bukanlah sebuah kegiatan ‘sekali jadi’. Banyak proses pembelajaran yang perlu dilalui untuk mencapai strategi investasi yang paling efektif bagi masing-masing kita. Penting untuk terus beradaptasi dengan pasar agar investasi kita semakin optimal. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *