Admin1

DEMI (Dewan Ekonomi Masjid Indonesia) Pimpinan Ust.Valentino Dinsi, SE, MM, MBA Memanggil Ikhwan/Akhwat Untuk Bergabung

DEMI (Dewan Ekonomi Masjid Indonesia) Pimpinan Ust.Valentino Dinsi, SE, MM, MBA Memanggil Ikhwan/Akhwat Untuk Bergabung
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

DEMI (Dewan Ekonomi Masjid Indonesia): Memfungsikan Masjid Sebagaimana Fungsi Masjid di Zaman Rasulullah SAW

 

Apa itu Dewan Ekonomi Masjid Indonesia (DEMI) ?

DEMI adalah Program Pemberdayaan Masjid agar Masjid dapat berfungsi sebagaimana fungsi Masjid di zaman Rasulullah SAW. DEMI hanya fokus pada aspek ekonomi dan pengembangan diri (Life Skill) dimana bidang inilah ummat paling tertinggal.

 

Mengapa dari MASJID ?

  1. Karena rasulullah SAW memulai membangun ummat dari Masjid Quba kemudian Masjid Nabawi. Ummat harus kembali ke masjid untuk kembali bangkit dan berjaya
  2. Siapa saja yang peduli dan memikirkan masjid akan mendapat naungan Allah SWT di akhirat kelak sebagai mana hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahualaihi wa sallam, Beliau Shallallahualaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.”
  3. Ratusan ribu masjid di Indonesia menunggu untuk diberdayakan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan memikirkan ummat ini. Balasannya jelas, SURGA ! Apakah Anda tidak rindu dan ingin dimasukkan ke dalam surga?
  4. Jumlah penduduk muslim Indonesia 226,7 juta jiwa !! Cuma sayang ummat Islam hanya sekedar menjadi PASAR, belum menjadi pelaku (produsen) apalagi pemilik.
  5. #SPIRIT 212 menjadi MOMENTUM KEBANGKITAN UMMAT ISLAM INDONESIA, dan masjid harus menjadi generator utama kebangkitan itu.

 

Siapa Pendiri DEMI ?

DEMI di inisiasi dan didirikan oleh Ust.Valentino Dinsi, SE, MM, MBA yang saat ini dipercaya sebagai:

  • Ketua Umum DEMI, Dewan Ekonomi Masjid Indonesia
  • Pimpinan MTW, Majelis Ta’lim Wirausaha
  • Ketua Umum JPMI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia
  • Dewan Pakar DPP ICMI, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia
  • Chairman IMBC, International Muslim Business Connection
  • Wakil Ketua Dewan Ekonomi Syariah 212 GNPF MUI
  • Founder KITA MART, Mini Market Syariah #SPIRIT 212 Berbasis Komunitas
  • CEO Apps KitaPay Financial Technology

 

Siapa Saja Pengurus DEMI ?

Saat ini DEMI sedang menyusun kepengurusan di tingkat pusat dan merekrut kepengurusan untuk tingkat wilayah, daerah dan masjid. Saat ini DEMI dipimpin oleh Ust.Valentino Dinsi, MM, MBA sebagai Ketua Umum, Ust.DR.Haekal Hasan sebagai Sekretaris Jenderal dan Ust.Ridwan Mukti, SPsi (Pendiri ESQ 165) sebagai Wakil Sekjend.

 

Apa saja program DEMI ? 

 

ROADSHOW 20 KOTA MEMBANGUN EKONOMI UMMAT BERBASIS MASJID

Program ini dalam rangka sosialisasi DEMI ke masjid-masjid di seluruh Indonesia. Diadakan di setiap provinsi dengan mengundang 200 -500 perwakilan masjid di setiap provinsi

PEDULI MARBOT MASJID

Ketika orang orang masih terlelap tidur, ia sudah bangun mengumandangkan adzan setiap subuh, merapihkan karpet, membersihkan kamar mandi, dan banyak hal lainnya. Ya mereka adalah petugas marbot dengan semangat menggapai ridho Alloh SWT, dengan gaji ala kadarnya bahkan terkadang tanpa imbalan apapun. Program ini berupa santunan kecelakaan dan kematian bagi marbot masjid yang besarnya hingga Rp.50 juta rupiah/orang.

BADAN STANDARISASI MASJID INDONESIA

Program berupa konsultasi dan penyuluhan mengenai standard dan sertivikasi masjid yang diberikan oleh konsultan ISO 9001 yang berasal dari relawan jama’ah MTW agar masjid di Indonesia dapat berfungsi sebagai mana fungsi masjid di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Program ini diberikan di secretariat DPP DEMI dan diberikan secara gratis.

PUSAT KAJIAN EKONOMI UMMAT BERBASIS MASJID

Program ini diadakan sebulan sekali dengan mengundang nara sumber pakar dibidang ekonomi dalam dan luar negeri dengan peserta undangan dari ormas Islam, lembaga Islam, partai Islam, mahasiswa Islam. Hasil kajian dan diskusi berupa working paper yang akan disebarkan kepada masjid-masjid dan masyarakat seluruh Indonesia sebagai wawasan dan petunjuk praktis bagaimana memajukan ekonomi ummat.

IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN MASJID MANDIRI

Berupa bimbingan, pelatihan serta petunjuk praktis yang akan diberikan oleh DEMI kepada masjid-masjid serta masyarakat disekitar masjid serta aplikasi contoh-contoh bisnis sektor riil yang dapat langsung dipraktekkan di masyarakat.

JURNALIS MASJID

Bekerjasama dengan Harian Republika, sebulan sekali DEMI memberikan pelatihan jurnalistik serta digital teknologi kepada masjid-masjid yang telah menjadi anggota DEMI.

 

Apa untungnya Masjid bergabung dalam jaringan DEMI dan apa saja aktivitasnya ?

  • Ikhwan/Akhwat dapat mengkontribusikan keahlian dan kompetensi yang antum miliki untuk membangun kebangkitan ummat Islam Indonesia.
  • Untuk tetap menjaga # SPIRIT 212 serta menjaga SPIRIT BERJAMA’AH dikalangan Ummat Islam serta untuk mencapai Jaringan 50 Juta Pengusaha Barbasis MASJID.
  • DEMI akan membantu bagaimana mengetahui potensi bisnis dan peluang usaha yang dapat di jalankan di masjid serta bagaimana menumbuhkan dan membesarkan usaha baik milik jama’ah maupun usaha milik masjid.
  • Masjid Anda akan mendapat pembinaan dari DEMI sehingga masjid dapat mengembangkan unit ekonomi di masjid Anda sehingga menjadikan masjid mandiri dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar masjid. Masjid Anda akan berfungsi bagaimana sebagaimana fungsi masjid di zaman Rasulullah SAW.
  • Masjid Anda akan terhubung dengan ratusan ribu masjid lainnya di seluruh Indonesia
  • Masjid Anda akan mendapatkan banyak pelatihan seperti: One Masjid One Jurnalist, Digital Marketing Untuk Remaja Masjid, Cantik & Trampil, Islamic Art & Culture, dan masih banyak lagi dengan Para Mentor adalah relawan dan pakar dibidangnya masing-masing yang siap berkhitmad untuk masjid.
  • DEMI akan membantu menghubungkan dengan akses permodalan dan pengembangan UMKM lokal dan nasional
  • DEMI bekerjasama dengan Relawan Keuangan Masjid, DD, Rumah Zakat, PKPU, BAZNAS, IZZI dan lembaga ZISWAF lainnya akan membantu pengelolaan keuangan masjid dan ZISWAF masjid sehingga lebih transparant dan professional.
  • DEMI melakukan riset tentang pembangunan dan pengembagan ekonomi ummat berbasis masjid
  • Masjid Anda akan mendapatkan Platform Teknologi yang dapat digunakan untuk:
    • Menjangkau jama’ah masjid lebih luas 24/7
    • Jama’ah Masjid Anda akan mengetahui program kegiatan, laporan keuangan, jadual ustadz yang diadakan masjid Anda dan masjid lainnya
    • Masjid Anda dapat melakukan pengumpulan dana (fund raising) bagi kegiatan atau pembangunan  masjid Anda baik melalui jama’ah masjid Anda dan masyarakat seluruh Indonesia dengan Flatform Teknologi yang kami sediakan.
    • Masjid Anda akan terhubung dengan ribuan masjid lainnya sehingga memiliki jaringan dakwah dan bisnis baik skala Nasional dan Internasional

 

Bagaimana cara bergabung dengan DEMI ?

Cukup mengisi formulir pendaftaran dibawah ini

 

MASJID MANDIRI_rev dpn RGB

Apa yang harus dilakukan setelah Masjid bergabung dengan DEMI ?

Setelah bergabung dengan DEMI ada beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Memepersiapkan kepengurusan DEMI yang terdiri dari: Ketua, Sekretaris, Bendahara,Bidang Pengembangan Usaha, BidangJaringan Usaha,Humas
  2. Menghubungi DEMI Pusat untuk mendapatkan pengarahan berikutnya

 

Apakah ada biayanya?

Tidak ada alias GRATIS !! karena ini adalah khidmah (pelayanan) dari relawan-relawan Masjid yang hanya mengharapkan keridhoan dan rindu berjumpa dengan Allah swt.

 

Dari mana DEMI membiayai kegiatannya?

DEMI membiayai kegiatannya secara mandiri dari penjualan buku Masjid Mandiri karya Ust.Valentino Dinsi, Infaq dan Shadaqoh para mushinin maupun swadaya pengurus DEMI baik tingkat pusat maupun daerah

 

Kemana saya harus menghubungi?

Bapak/Ibu dapat menghubungi DEMI Pusat, Jl.Kelapa Dua Wetan Raya 7 B – Ciracas Jakarta Timur



FORM PENDAFTARAN DEWAN EKONOMI MASJID INDONESIA
  • NAMA*Nama lengkap

    0

  • NO HP*Nomer aktiv

    1

  • Email*Email aktif

    2

  • Saya Mendaftar Sebagai*
    Pengurus
    Anggota

    3

  • Saya Akan Berkontribusi Untuk Ummat (Masjid) Berupa*Boleh lebih dari satu
    Tenaga
    Pikiran
    Dana
    Peralatan
    Jaringan

    4

  • Nama Masjid*full name

    5

  • Alamat Lengkap*Provinsi, Koda dan Kode Pos

    6

  • Perkiraan Jumlah Jama’ah Setiap Shalat Jum’at*

    7

  • Apakah Anda Ingin ber-SEDEKAH dengan Memesan Buku MASJID MANDIRI: Membangun Ekonomi Ummat Berbasis Masjid*Penjualan buku digunakan untuk operasional DEMI
    Ya
    Tidak

    8

  • Saya Pesan*Isi berapa buku yang Anda pesan

    9

  • 11

  • You can use this to write comments in the form.
    You can even use HTML!

    12

 

3 Responses to DEMI (Dewan Ekonomi Masjid Indonesia) Pimpinan Ust.Valentino Dinsi, SE, MM, MBA Memanggil Ikhwan/Akhwat Untuk Bergabung

  1. Hartoyo C. Herbs November 6, 2017 at 8:02 am

    Alhamdulillah,… saya bisa bergabung,
    mudah2an sy bisa berbuat utk kebaikan dan bermanfaat bagi sesama umat Muslim disekitar saya yg masih tertinggal secara EKONOMI

    Reply
  2. Mohamad Junus December 18, 2017 at 7:09 am

    Ketua Ta’mir masjid

    Reply
  3. Rani S February 19, 2018 at 2:18 pm

    menarik sekali artikelnya.. thanks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *