Admin1

Konsep Memberdayakan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid

Konsep Memberdayakan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

MTW NEWS – Ekonomi jadi sokoguru utama dalam kehidupan. Mulai dari organisasi terkecil semacam keluarga, hingga sebuah entitas berskala Bangsa dan Negara. Oleh karena itu menghidupkan berbagai kegiatan yang mendukung perekonomian harus menjadi satu prioritas utama dalam pembangunan masyarakat madani.

Memberdayakan Ekonomi jelas tak melulu urusan pemerintah pusat saja, di Kota Pontianak contohnya, ekonomi dibangun dengan prinsip pemberdayaan berbasis masjid. Jelas hal ini adalah satu contoh wujud pembangunan ekonomi yang mengarah pada penguatan sokoguru kebangsaan secara umum, menuju masyarakat madani berbasis Ummat.

Tak sekedar menguatkan atau membangun ekonomi, “Pemberdayaan haruslah bersumber dari masjid dan berfokus pada kesejahteraan ummat, jelas demikian seiring dengan fungsi masjid sebagaimana di zaman Rasulullah”, demikian tukas Ustadz Valentino Dinsi, yang sehari-hari mengabdikan pemikiran dan tenaganya untuk berfokus pada kemakmuran masjid serta sekelilingnya terutama bagi masyarakat muslim kota Pontianak agar menuju pemberdayaan dan penguatan ekonomi berbasis masjid yang sejati.

 

Menjebol Tabu, Ekonomi Masjid Jelas Sejahterakan Ummat

“Pemberdayaan dan penguatan jelas tak boleh hanya sekedar konsep”, demikian kembali Ustadz Valen, sebutan bagi sang ustadz ramah yang abdikan diri bagi pengembangan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid di kota Pontianak ini.

Lalu, sekali lagi mungkin yang tersimpan dalam benak tentang pemberdayaan ekonomi jelas adalah bagaimana cara mewujudkan hal tersebut secara teknis? Darimana dana bersumber, serta pengelolaan dan terakhir sejauh mana partisipasi antar pihak yang terlibat bisa dibangun sehingga sinergi pengelolaan dan manajeria benar-benar bisa bejalan secara stabil dan berkelanjutan.

Masih menurut Ust Valen, pemberdayaan masjid diangkat melalui pertumbuhan dana atau asset yang dimiliki masjid yang terkumpul lewat shadaqah, infaq serta serapan dana ummat lainnya yang sebenarnya jika dilakukan penghitungan secara transparan dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas jelas sangat besar.

Berikutnya yang harus dikedepankan dalam proses ini tentu adalah manajerial dasar, yang berbasis pada memajukan sumber daya manusia dalam struktur organisasi sebuah masjid tersebut agar mampu melakukan pengelolaan secara mandiri, transparan dan akuntabel. Hal itu dapat dilakukan didalam kerangka entitas di dalam masjid tersebut terlebih jika sudah memiliki BMT/LKMS.

Peran dari lembaga BMT/LKMS bisa juga diafiliasikan dengan Pusat Inkubasi Usaha Kecil (PINBUK) Kalimantan Barat dan pemilik modal atau stakeholder, dan lebih lanjut adalah lembaga perbankan utamanya yang memiliki basis layanan syariah.

Jelas hal tersebut bukan perkara mudah, sebab mengentaskan kemiskinan adalah ibarat mengurai rumitnya benang yang saling berbelit. Tetapi jika hal tersebut memang dilakukan untuk mengejawantahkan tafsir tekstual menuju satu realitas Ummat yang madani dan mandiri secara ekonomi, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terwujud, demikian Ustadz Valen menambahkan menutup sebuah wacana besar membangun pemberdayaan ekonomi ummat berbasis masjid.

 

Silahkan SHARE bila dirasa ini bermanfaat. Dukung dan sebarkan kebaikan ini ke semua saudara-saudara dan sahabat Anda, ajaklah mereka berpartisipasi dalam kebaikan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa mengajak kepada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala-pahala mereka. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia akan mendapat dosa seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun dosa-dosa mereka.” (H.R. Muslim)

GRATIS 10 Juta ++ Alamat Email Indonesia, 100 Juta ++ Alamat Email Internasional, 6.000 Lebih Alamat Milist, Data Base 230.537 Perusahaan Indonesia, 27.875 Perusahaan Luar Negeri, Database Situs Iklan Gratis, Database Forum, Software Pengirim Email Massal. Baca terus informasinya dibawah.

Daftar menjadi anggota MTW (Majelis Ta’lim Wirausaha) dan dapatkan 9 manfaat yang akan menjadikan Anda PENGUSAHA serta meningkatkan omset bisnis Anda !

daftar_sekarang

3 Responses to Konsep Memberdayakan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid

  1. basrin kanaha June 5, 2017 at 7:18 am

    saya tertarik dengan konsep.ini. kami di BTM al qubais jambula kota ternate maluku utara berharap untuk membentuk koperasipemberdayaan ekonomi berbasis mesjid semoga bisa membantu kami baik dari segi menejerialnya maupun hal lain yg bisa kami bisa bergerak

    Reply
    • Admin1 June 26, 2017 at 8:42 am

      Insya Allah
      Bapak bisa langsung WA Uts Valentino Dinsi di 081514144583

      Reply
  2. Joko June 8, 2017 at 8:56 pm

    Ini sangat luar biasa. Satu keluarga satu pengusaha. Asumsi satu keluarga lima anggota, maka akan ada 20 % jumlah pengusaha di Indonesia. Dahsyat, mudah-mudahan pelan tapi pasti jumlahnya bergerak naik, amin.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *