Admin1

Kisah Sobir yang Sukses Rintis UKM, Kini Punya Ratusan Karyawan

Kisah Sobir yang Sukses Rintis UKM, Kini Punya Ratusan Karyawan
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

JawaPos.com – Cerita sukses Sobir Lubis, pelaku usaha kecil menengah (UKM) asal Mandailing, Sumatera Utara, bisa menginspirasi bagi pengusaha baru. Kini Sobir memiliki ratusan pegawai di sejumlah usaha yang digelutinya.

Tentu, perjuangan Sobir tidak langsung serta merta menghasilkan. Ketekunan dan disiplin yang dijalankannya bisa mengantarkannya melewati banyak rintangan. Tapi, dia mengaku kisah kesuksesannya juga berawal dari sebuah pertemuan yang membuka sudut pandangnya dalam berusaha.

Dia bercerita, beberpa tahun lalu bertemu dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara di Mandailing Natal, Sumatera Utara. Saat itu, dia yang merintis usaha miniatur bagas godang atau rumah adat khas Mandailing serta gordang sambilan atau alat musik pukul suku Mandailing dari barang bekas.

Saat itu, Ivan menyarankan membangun usaha berbasis ekonomi kreatif. Tidak hanya mengajak merintis usaha dan menggandeng kalangan pemuda, Sobir juga mengaku mendapat pendampingan. Mulai dari hanya memiliki dua orang karyawan hingga lebih dari seratus karyawan.

Dia inget betul, Ivan mengatakan bahwa pengusaha UKM yang baik bukan hanya mandiri, tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya membuka lapangan pekerjaan. Tak sia-siap, pada tahun 2010 Sobir menerima penghargaan UMKM terbaik se-Sumatera Utara versi Bank Sumut.

“Saya disarankan Pak Ivan memiliki wirausaha berbasis ekonomi kreatif. Beliau paham betul seluk beluk kegagalan dan bangkitnya usaha saya,” ungkap Sobir melalui pesan tertulis, Rabu (13/12).

Menurut dia, Ivan adalah sosok yang mencintai kampung halamannya, Mandailing Natal dengan terus mendorong para pemuda menjadi wirausaha. Terbukti, Kampoeng Kaos Madina yang merupakan usaha miliknya, kini menciptakan sejumlah pengrajin beragam usaha.

Menurut dia, seharusnya pengusaha jangan melihat kesuksesan seseorang itu dari atau ketika di puncaknya, tapi ketika dia turun jatuh. “Sebab, di situ kita dituntut bagaimana bisa bangkit,” kata dia menirukan.

Sementara itu, Ivan Batubara mengaku bangga atas kesuksesan Sobir maupun pemuda Mandailing yang klini sukses, baik di kampung halaman maupun di Jakarta. Kesuksesan tersebut, katanya, semakin mendorongnya untuk menungkatkan pertumbuhan UKM di Sumatera Utara.

Pria yang bakal mendampingi Petahana, Teuku Erry Nuradi dalam Pilkada Sumut 2018 mendatang, itu mengaku, terus berusaha menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru di Sumut. Menurutnya, apa yang dilakukan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru,” katanya.

(yuz/JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *