Admin1

Kejarlah Konsumen, Bukan Investor

Kejarlah Konsumen, Bukan Investor
Decrease Font Size Increase Font Size Text Size Print This Page

Saat seorang entrepreneur mengambil pendanaan daripara  investor, model bisnis milik mereka akan menjadi model bisnis entrepreneur itu pula. Demikian kata Steve Blank.

Hanya karena Anda memiliki ide yang bagus, bukan berarti Anda akan secara otomatis mendapatkan pendanaan.

Salah satu cara teraman untuk memastikan startup Anda bisa bertahan dalam jangka panjang ialah memiliki model bisnis yang membuka kemungkinan bagi produk untuk “membayar dirinya sendiri”.

Sebagian startup sangat berfokus pada penyusunan pitching daripada membangun bisnis yang lebih solid. Lupakan pendanaan dan temukan konsumen yang akan membayar produk atau layanan Anda. Kemudian temukan konsumen berikutnya dan berikutnya. Sebanyak-banyaknya! Dapatkan konsumen sebanyak mungkin dan investasi akan datang dengan lebih mudah.

Di samping itu, jika Anda mencari pendanaan atau investasi, fokuslah lebih banyak pada klarifikasi visi produk dan kisah Anda. Abaikan angka-angka yang palsu.

Jika Anda seorang entrepreneur sejati, Anda seharusnya mencemaskan mengenai hal-hal yang Anda bisa kendalikan (membuat produk yang bagus dan menjaga kepuasan para konsumen) daripada hal-hal yang di luar kekuasaan Anda (mengejar venture capitalists,angel investors, dan sebagainya). (ap)

 

Silahkan SHARE bila dirasa ini bermanfaat. Dukung dan sebarkan kebaikan ini ke semua saudara-saudara dan sahabat Anda, ajaklah mereka berpartisipasi dalam kebaikan. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa mengajak kepada suatu kebaikan, maka ia mendapat pahala seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala-pahala mereka. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia akan mendapat dosa seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun dosa-dosa mereka.” (H.R. Muslim)

GRATIS 10 Juta ++ Alamat Email Indonesia, 100 Juta ++ Alamat Email Internasional, 6.000 Lebih Alamat Milist, Data Base 230.537 Perusahaan Indonesia, 27.875 Perusahaan Luar Negeri, Database Situs Iklan Gratis, Database Forum, Software Pengirim Email Massal. Baca terus informasinya dibawah.

Daftar menjadi anggota MTW (Majelis Ta’lim Wirausaha) dan dapatkan 8 manfaat yang akan menjadikan Anda PENGUSAHA serta meningkatkan omset bisnis Anda !

daftar_sekarang